Bupati Amril Minta PPK Bengkalis Berperan Aktif dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan 

Bupati Amril Minta PPK Bengkalis Berperan Aktif dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan 

BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin berharap Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bengkalis berperan aktif dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Terutama peran kelompok kerja III PKK melalui salah satu dari tiga program kelompok kerja III PKK yang melekat berkaitan dengan pangan.

Harapan itu disampaikan Bupati Amril dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretriat Daerah H. Heri Indra Putra pada pembukaan Lokakarya Sadar Pangan, Senin 10 September 2018.

Bupati menyebut, meskipun jumlah energi konsumsi masyarakat hampir mendekati normal, namun jika dicermati ternyata belum sepenuhinya memenuhi pola pangan harapan yang ideal, karena belum seimbangnya konsumsi pangan antar kelompok pangan.

“Upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat perlu dicari solusinya, Sebab, pangan merupakan kebutuhan dasar  manusia yang paling utama dan pemenuhan pangan merupakan hak azazi setiap masyarakat. Disinilah pentingnya peran kelompok kerja III PKK,” ucapnya.

Menurut Bupati Amril, saat ini masyarakat masih berkelebihan dalam mengkonsumsi padi-padian dan buah biji berminyak dan sangat kurang mengkonsumsi buah dan sayur, kacang-kacangan dan umbi-umbian yang dapat dipenuhi melalui pengelolaan di lingkungan pekerangan masyarakat.

“Secara khusus, saya sangat berharap kepada TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta kelompok desawisma yang ada, untuk dapat memasyarakatkan betapa pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman yang mengutamakan berbasis sumberdaya pangan lokal kepada seluruh masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan kita sebagai sumber pangan dan gizi keluarga,” harapnya.

Kegiatan Lokakarya Sadar Pangan yang dilaksanakan di gedung daerah Datuk Laksamana Raja di Laut ini dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Darmansyah, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis, Syafrizal, Wakil Ketua IV TP PKK Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi serta sejumlah Forkopimda di lingkungan Pemerintah Bengkalis.

Dengan mengusung tema “Melalui Lokakarya Sadar Pangan Kita Tingkatkan Kualitas Pangan Keluarga" Lokakarya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Ketahanan ini diikuti sebayak 36 peserta terdiri dari tiga orang TP PKK Kabupaten Bengkalis dan 33 TP PKK dan Pokja III Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. (R14)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index